19.23

Tips Trik BlackBerry

Hehe.. Mencoba memposting hal yang berbeda. Kalau biasanya seputar Tips Ngeblog dengan WordPress dan SEO (meski bukan ahlinya D ), sekarang mencoba berbagi tentang tips dan trik BlackBerry (yang juga bukan ahlinya =)) ). Tidak apa-apa ya? Capek membahas tentang SEO; Saya yang nulis juga tidak begitu mengerti lol Ok langsung saja, ini dia tips dan trik BlackBerry terbaru (bagi Saya P ) yang Saya kumpulkan langsung dari pusat Blackberry =))

Sebagai permulaan, kita akan bahas bertahap, dari tips membeli, sampai tips serta trik BlackBerry

Berikut beberapa tips aman membeli BlackBerry Baru (?)

Mengingat vendor BlackBerry di Indonesia masih sedikit, dan maraknya BlackBerry dengan harga miring. Darimana kita mengetahui itu baru? Dari mulut penjual? Informasi ini, bagi orang awam kemungkinan tidak akan mengetahuinya. Jika Anda berniat membeli BlackBerry Baru (Kata penjualnya baru, ternyata bekas atau curian, kan bisa berabe tu?), berikut tips-trik yang harus Anda gunakan saat membeli nanti.
1. BUYR. Setiap BlackBerry memiliki history record yang mencatat data transfer (up-download) dan panggilan masuk/keluar. Jika baru, tentu saja seharusnya catatannya masih kosong.
Masuk saja ke Option – Status lalu ketik B U Y R menggunakan keypad. Jika baru, maka nilainya NOL semua. Jika bekas (awalnya milik Saya juga NOL semua, setelah dipakai, tentu saja menjadi ada, dan dapat dikatakan “bekas” dipakai ) ), maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
 
History record BlackBerry
2. IT Policy. Jika IT Policy pada BlackBerry aktif (ENABLED), Anda hanya bisa membuka situs/portal yang ditentukan oleh sang pemberi IT Policy. IT Policy ini biasanya akibat dari penggunaan layanan enterprise (BES, BlackBerry Enterprise Service).
Cara mengetahuinya dengan melihat di Option – Security Setting – Firewall. Jika statusnya Enabled dengan gambar gembok merah di sebelah kirinya, maka BlackBerry tersebut positif terkena IT Policy (virus kali pake positif segala D ). Jika tidak terkena IT Policy, maka akan terlihat tulisan Disable seperti screenshot berikut:
 
Kondisi ini biasa disebut “terkena gembok merah“. Saat ini, telah banyak tempat service yang bisa menghilangkan IT Policy. Akan tetapi, jika Anda tidak ingin repot, pastikan saja terlebih dahulu )
3. PIN Suspended. Ini yang paling merepotkan. BlackBerry Anda tidak bisa menikmati layanan push mail, BBM (BlackBerry Messenger) dan semua fitur online yang real time. BlackBerry memiliki PIN tersendiri. Tiap-tiap BlackBerry memiliki no.PIN-nya masing-masing. PIN Suspended adalah kondisi di mana PIN Anda diblokir. Mengapa diblokir? Biasanya akibat sistem pembelian yang menyalahi aturan. Misalnya, BlackBerry dari AT&T. Seharusnya tidak bisa digunakan di Indonesia karena hanya khusus bagi pelanggan AT&T saja. Nah, sering kali Saya melihat logo AT&T masih saja ada pada handset BlackBerry. Harganyapun terbilang murah, karena kemungkinan melalui pasar gelap alias selundupan (entahlah, hanya menebak. Kan aneh barang Eropa yang tidak bisa di Indonesia, malah bisa masuk pasar). Jika ketahuan, koq seri PIN ini bisa ada di Indonesia? Langsung deh PIN kita diblokir. Jika terkena suspended, maka tidak akan pernah dapat terhubung ke jaringan Blackberry lagi; dari operator MAPAPUN.
Daripada Anda terjebak, silakan cek PIN-nya sebelum membeli. Caranya: Silakan pinjam SIM Card teman atau saudara yang memiliki BlackBerry, masukkan SIM Card tersebut ke BlackBerry target. Silakan tunggu sampai menyala sempurna. Jika tidak tersuspend, harusnya tulisan pada layar GSM, gprs/GPRS, edge/EDGE, 3g/3G/3G + logo BlackBerry. Namun, apabila tulisan tersebut tertahan di GSM atau huruf kecil: gprs/edge/3g, maka BlackBerry yang ingin Anda beli itu dapat dipastikan 90% telah terSUSPENDED (10% karena pengaruh jaringan). Berikut tampilan gambar kalau PIN baik-baik saja:
 
Layanan BlackBerry Aktif
4. TEST. Masuk ke menu Option – Status lalu ketik TEST. Kamu akan dibawa ke menu tersembunyi untuk menguji perangkat BlackBerry. Berikut menu-menu tersembunyi tersebut:
 

Tips membeli BlackBerry bekas

1. “Dalam” bukan “Luar”. Percuma kondisi luarnya (fisik) mulus tetapi dalemannya hancur (perhatian! Daleman di sini berarti mesin BlackBerry, bukan yang lain! D ). Akan tetapi, jika ada yang bermesin bagus dan memiliki fisik yang bagus, mengapa tidak?
2. Cek Fungsi Utama. Fungsi utama BlackBerry apaan sih? Buat gaya? Bukan! Fungsinya adalah kemudahan akses internet, email, dan chatting secara realtime. Cara memastikannya bisa dilihat pada poin 3 di atas, PIN Suspended. Jika PIN Ok, hampir dapat dipastikan Fungsi Utama BlackBerry akan jalan (kalau ada pulsanya P ).
3. Cek Keyboard. Qwerty? Pasti. Tapi hati-hati. Saya pernah bertemu yang huruf luarnya QWERTY, setelah ditekan malah muncul huruf AZERTY (Katanya ada juga yang QWERTZ)
4. Cek IT Policy. Lihat kembali poin 2 di atas.
5. Cek fungsi telepon. Karena terfokus pada PIN dan bentuk fisik, kerap kali kita lupa bahwa BlackBerry juga sebuah Handphone. Maka dari itu, pastikan Anda mencek suara dan mic serta nada dering telepon dengan sistem getarnya.
6. Cek fungsi Port. Umumnya ada port untuk headset/earphone dan untuk port USB untuk koneksi ke komputer atau ke charger.
7. Garansi. Berapa bulan mereka berani memberikan garansi terhadap BlackBerry yang Anda taksir? Semakin lama semakin baik.
8. Harga. Ini juga termasuk tips lho. Semua kondisi fisik dan mesin baik, eh harga bikin kantong jebol. So, perhatikan juga harganya.
9. Siapa Penjualnya? Sebisa mungkin belilah dari orang yang Anda kenal. Jika tidak kenal, coba tanya-tanya dulu dengan kawan atau kerabat tentang “reputasi” toko atau si penjual. Cari penjual yang ngerti BlackBerry. Banyak lho penjual yang Cuma ngejar keuntungan. Bahkan si penjual juga tertipu oleh penjual lain yang mengatakan BlackBerry yang ditawarkan baru. Padahal…..
Jadi, tips membeli ini untuk SIAPA saja, baik yang ingin dipakai sendiri, maupun berbisnis BlackBerry bekas )

Tipe dan Cara me-RESET BlackBerry

Nah, BlackBerry sudah ditangan dan semua fungsi telah berjalan. Seiring berjalannya waktu, tentu saja terjadi penurunan kinerja. Bisa dikarenakan kapasitas memory yang terus berkurang, atau memang umur perangkat. Dan terkadang, kita memerlukan yang namanya reset. Sebelum Anda me-reset, ketahui dulu tipe-tipe reset yang Ada pada BlackBerry. Hal ini penting. Jika pada saat menginstall program/aplikasi baru, Anda cukup melakukan Soft Reset dll. Berikut tipe reset device blackberry, yaitu:
1. Soft Reset
Cara sangat ampuh untuk membersihkan log (log cleaner). Caranya cukup mudah; hanya dengan menekan tombol [Alt] + [Capslock Kanan] + [Delete]
2. Double Soft Reset
Double Soft Reset ini akan membuat SEMUA aplikasi BlackBerry berhenti. Caranya, lakukan soft reset terlebih dahulu hingga layar menjadi hitam, kemudian tekan sekali lagi [Alt] + [Capslock Kanan] + [Delete]. Layar akan blank beberapa saat. Tunggu sampai ikon jam pasir muncul dan system menyala sebagaimana mestinya.
3. Hard Reset
Hard Reset HANYA dilakukan JIKA terjadi masalah pada network (jaringan), software maupun hardware. Reset tipe ini dapat dilakukan dengan cara mencabut baterai selama kurang lebih 30 detik, kemudian pasang kembali baterainya. Di BlackBerry milik Saya (curve 8520 a.k.a Gemini), saat baterai dipasang, dia akan menyala dengan sendirinya. Jika tidak menyala, Nyalakan BlackBerry Anda secara manual, yakni dengan menekan tombol gagang telepon berwarna merah (end call button).
4. Wipe Handheld
Jika 3 cara di atas masih belum bisa menormalkan kembali fungsi Blackberry Anda, silakan gunakan tipe Wipe Handheld ini. Wipe Handheld pada prinsipnya sama dengan Hard Reset, hanya saja, hasilnya lebih “serem”; BlackBerry Anda seperti diinstal ulang, baik sistem maupun softwarenya. INGAT! Sebelum melakukan tipe 4 ini, Anda WAJIB membackup data terlebih dahulu ke dalam komputer.
Setelah data sudah terbackup sempurna, proses ini dapat anda kerjakan, dari menu BlackBerry pilih Options kemudian Security Options lalu General Setting dan tekan tombol menu BlackBerry dan pilih Wipe Handheld. Beri tanda centang pada opsi Include Third party Application untuk meremove data-data aplikasi yang terinstal di BlakcBerry. Kemudian, pilih Continue, lalu ketikan blackberry.
Oh iya, satu hal lagi. PASTIKAN baterai Anda berada dalam kondisi penuh/FULL. Mengapa? Karena Reset tipe Wipe Handheld ini memakan waktu yang tidak sebentar (tapi tidak sampai 1 hari koq D ). Ini akan semakin menguntungkan Anda yang menggunakan fitur proteksi data. Sekali RESET ini dilakukan, Anda tidak akan bisa menghentikan dan membatalkannya. Jadi, Waspadalah.. Waspadalah..

Download Video tanpa pulsa tambahan di BlackBerry

1. Masuk ke www.vuclip.com dari BlackBerry (masak iya dari telpon umum? =)) )
2. Silakan cari video yang Anda mau di kolom search
3. Udah ketemu video yang Anda cari? Klik videonya
4. Tunggu beberapa saat hingga tanda play terlihat (jika dalam loading pertama tidak ada tanda play, silakan refresh sekali lagi, jika masih tetap tidak ada, rendam tuh BlackBerry ke kolam terdekat di kota Anda =)) )
5. Tanda Play udah keluar? Silakan pilih Hi Resolution atau Regular (bagi yang penyabar, silakan pilih Hi Resolution; ukuran file lebih besar karena resolusi juga besar. Bagi yang pengen cepat, pilih Regular)
6. Nah, nanti akan muncul pilihan play | save | cancel.. Kalau mau video tersebut di simpan tinggal klik cancel. Bukan! Klik save lah P
7. Hasil download bisa dilihat di media
Mengapa menggunakan cara ribet begitu? Apa tidak bisa melihat langsung? Bisa saja Anda melihat langsung (via youtube misalnya). Hanya saja, akan dikenakan sesuai tarif GPRS. Kalau cara di atas, sebatas yang Saya coba masih gratis )

BlackBerry Unlock

Unlock? Tidak dikunci? Maksudnya? Begini, di Indonesia sedang marak-maraknya penjualan BlackBerry sistem bundling (membeli lengkap dengan kartu operator dan dapat payung gratis D ). Tahukah Anda bahwa BlackBerry keluaran Telkomsel tidak akan bisa menggunakan kartu selain dari Telkomsel? Begitu pula untuk Paket BlackBerry dari XL ataupun Indosat dan Three. Di Indonesia hanya Axis yang bisa pindah-pindah.
Kalau Saya tidak masalah, karena Saya setia pada satu wanita kartu. Namun, bagi kawan-kawan yang suka pindah-pindah atau coba-coba, tentu ribet. Nah, yang menjadi masalah adalah jika Anda tidak tahu BlackBerry Anda di Lock (dikunci) atau tidak (Unlock). Cara mengetahuinya, pilih option – advanced option – simcard – ketik mepd. Semua data yang terlihat harus bernilai Disabled. Perhatikan contoh tampilan Unlock berikut:
 

BlackBerry Unlock
Lantas? Jika bernilai Enabled? Silakan bawa ke dukun terdekat untuk di Unlock. Namun, waspadai terjadinya suspend. Um.. Maaf, untuk Unlock, Saya tidak berkompeten menjelaskannya.
Nah, sekian dulu, capek juga mengetik. Kalau tidak mau repot, print saja halaman ini, atau ajak Saya bersama Anda saat membeli BlackBerry, cukup Jus Alpukat sebagai imbalannya =))
Jangan Lupa Isi Buku Tamu DISINI Yaaa.....:)

0 komentar:

Poskan Komentar