07.04

Tips BlackBerry Membeli BlackBerry Bekas

BlackBerry merupakan gadget yang sangat fenomenal di Indonesia. Walaupun harganya tidak murah, ribuan orang rela mengantri untuk membelinya. BlackBerry bekas atau second merupakan pilihan yang sangat tepat bagi anda yang memiliki keterbatasan dana namun tetap ingin memiliki BB(Sebutan lain untuk BlackBerry). Tetapi anda harus berhati-hati karena banyak hal yang perlu diketahui untuk membelinya. Membeli BlackBerry bekas tidaklah sesederhana membeli ponsel bekas lainnya. ada beberapa hal yang harus dicermati sebelum diputuskan untuk membelinya.

1. Anda perlu memeriksa dengan teliti spesifikasi produknya. Alasannya, banyak pengguna akhirnya tidak bisa akses sama sekali layanan karena PIN disuspen (ditolak) atau sebelumnya menggunakan jenis layanan operator berbeda (PIN belum dirilis).
2. Salah satu cara mudah dalam persoalan spesifikasi ini bisa dilakukan dengan melakukan WIPE BlackBerry alias me-reset secara manual perangkat agar data yang ada sebelumnya bisa hilang. cara WIPE adalah sebagai berikut :
a. Masuk menu OPTION >> SECURITY OPTION >> GENERAL SETTING >> Tekan logo BlackBerry disamping gambar telepon hijau >> pilih Menu WIPE HANDHELD >> Ketik BlackBerry, proses WIPE pun berjalan.
b. Jika proses ini sudah selesai, maka masukkan SIM Card anda yang sudah bisa mengakses layanan       BlackBerry.
c. Lihat logo tulisan di GPRS/EDGE/3G disebelah kanan layar ponsel anda. Apabila tulisannya masih huruf kecil, kemungkinan besar PIN Ponsel disuspen. cara ini juga memastikan bahwa memori selanjutnya akan kosong, tidak lagi terisi berbagai Aplikasi bawaan dari pemilik sebelumnya.
3. Disisi lain, Anda juga bisa mencoba memperbesar huruf kapital tadi dengan masuk menu OPTION, lalu ADVANCE OPTION, lalu HOST ROUTING TABLE, lalu klik simbol BlackBerry, dan selanjutnya pilih    REGISTER NOW.
4. Apabila dua cara ini dilakukan dengan huruf masih kecil, besar kemungkinan suspen atas personel    identification number/PIN masih terjadi sehingga BlackBerry bekas hanya bisa menelpon dan SMS. Pembeli unit second juga tidak kalah penting memeriksa IT Policy dengan melakukan sebagai berikut :
a. Masuk menu OPTION>>SECURITY OPTION>>FIRE WALL. Jika muncul tulisan enabled dengan logo gembok merah disebelahnya, maka BlackBerry bekas terkena kebijakan internet dari pengguna sebelumnya.
b. Kebijakan sebelumnya, misalnya BlackBerry Enterprise Service (BES), akan membuat anda tidak bisa mengakses layanan internet diluar yang telah ditentukan sehingga kenyamanan berselancar di dunia maya akan terganggu.

Ada beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan saat membeli BlackBerry bekas, antara lain :
1. Lihatlah, apakah BlackBerry ini mempunyai identitas IMEI dan PIN yang tertera di dus atau box    sama dengan yang didalam tempat memasang baterai dan juga di status, ketika BlackBerry tersebut    dinyalakan. Jadi usahakan membeli BlackBerry bekas lengkap dengan semua kelengkapannya.
2. Perhatikan juga apakah BlackBerry tersebut tidak pernah terjatuh. ini bisa dilihat dari fisiknya    apakah ada baret, lecet, penyok dan sebagainya.
3. Apakah BlackBerry tersebut pernah tersiram air? ini bisa dilihat dari sticker indikator air, yang    biasanya terletak pada sisi dalam tempat memasang baterai. apabila berwarna putih berarti belum    terkena air. Apabila berwarna merah berarti positif pernah terkenaair. Tetapi ini tidak menjadi    jaminan. Bisa jadi memang sudah pernah diganti housingnya, sehingga tidak tampak pernah terkena    air.
4. Cek dengan menggunakan kartu GSM dengan kondisi BIS Aktif. Disini akan terlihat apakah BlackBerry    anda Suspen atau tidak. Apabila terkoneksi "GPRS" maka seharusnya BlackBerry aman dari suspend.    Tapi apabila 'gprs" maka patut dipertanyakan apakah ini suspen atau tidak. Pastikan ketika    melakukan pengetesan jaringan dalam kondisi normal.
5. Pastikan BlackBerry bekas itu bukan BlackBerry dari hasil colongan. Karena apabila bekas    colongan, ditakutkan akan di BOM PIN message dari teman-teman pemilik sebelumnya yang    kecopetan.Maksud dari BOM PIN Adalah pengiriman PIN Message secara berulang-ulang hingga ribuan    kali. sehingga membuat BlackBerry anda menjadi berat. Dan isinya pun penuh dengan pesan bahwa    BlackBerry ini colongan.
6. Semoga Bermanfaat

1 komentar:

Obat Mata Minus Silinder Plus Katarak mengatakan...

Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

Poskan Komentar