07.05

Tips Blackberry Mengatasi BBM Lemot

Beberapa minggu yang lalu, pada pertengahan September 2011 Blackberry Massanger (BBM) mengalami error. Masalah yang terjadi adalah tidak bisa mengirim pesan (send atau deliver) ke daftar kontak BBM yang ada.Ternyata kendala ini dialami oleh sebagian  rekan lain pada saat yang bersamaan, walaupun sudah di "PING BBM" Email delivery dan setup hingga copot baterai Blackberry masih juga error. Kendala ini juga dialami oleh pengguna Blackberry di Eropa,meskipun tidak menjelaskan secara umum, RIM (Research In Motion) telah laporkan bahwa BBM error sudah diperbaiki dan jalan normal kembali.

BBM lemot juga sering dialami oleh pengguna pada waktu-waktu tertentu, BBM Error tersebut memang tidak pengaruh kepada seluruh user sesuai operator atau PIN. karena hanya sebagian pengguna saja yang mengalami masalah, biasanya dugaan permasalahan yang paling cepat adalah BBM Error Standard, yaitu lost connection to BBM server,BIS Error atau hanya signal lemah dan masalah jaringan.

Jika terjadi kendala BBM lemot,  biasanya pengguna melakukan PING atau meminta kawan untuk PING BBM untuk memperlancar jalannya BBM. Tentu saja hal itu tidak benar, karena PING digunakan apabila pengguna BBM yang kita tuju tidak membalas, atau mungkin belum membaca BBM dari anda. sehingga anda dapat melakukan PING untuk mengingatkan mereka. Fungsinya sama seperti BUZZ pada Yahoo Messenger.

Perlu diingat, PING tak ada bedanya dengan mengirim chat BBM biasa. Jadi apabila anda mengirim broadcast message untuk menyuruh semua contact melakukan PING, bisa dibayangkan betapa makin sibuknya server server BBM anda.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi BBM Lemot :
1. Lakukan pendaftaran Blackberry
Pilih option > Advance option > Host Routing Table > Pilih 510 ID [51001030] (Kemungkinan nomor bisa beda sedikit, pilih      yang dicetak tebal (bold) Selanjutnya Tekan menu (Tombol BB) > Pilih Register Now > Pilih OK

2. Lakukan Diagnostic Test
Pilih Option > Mobile Network > Selanjutnya Tekan Menu (Tombol BB) Pilih > Diagnostic Test > Selanjutnya Tekan Menu    (Tombol BB) > Pilih RUN Tunggu hingga selesai (complete)

Jika muncul tulisan "Your Device is in UMA mode - cannot RUN Test" berarti ada pengaturan yang tidak sesuai. Untuk    mengatasinya, kembali ke Mobile setting options > Connection Preference ubah menjadi "mobile network preferred" karena   jika pengaturan "wifi preferred" akan muncul error seperti tadi.

0 komentar:

Poskan Komentar