07.23

Sejarah Backberry


nih gw bakal ngebahas tentang sejarah blackberry


BlackBerry, namanya kian melambung dikalangan pengguna hp. sebagian besar orang mengidentikkan BlackBerry dg sebuah perangkat hp pintar yg mengedepankan fitur messaging. Dalam perkembangannnya BlackBerry bukan lagi hanya sebuah perangkat tapi juga layanan. Dan meskipun BlackBerry sudah sedemikian tenarnya, hanya segelintir orang yg tahu betul seluk- beluknya termasuk siapa pembuatnya.
Kalau sudah mengenal BlackBerry maka kta wajib kenal dengan RIM(Research In Motion), karena perusahaan asal Kanada ini merupakan induk dari BlackBerry, merekalah yg melahirkan perangkat BlackBerry. Semua bermula di th 1995, saat itu RIM pertama kalinya mengeluarkan produk BlackBerry berupa perangkat 2-way pager yg dilengkapi dg thumb keyboard(keyboard dg tombol kecil yg dapat ditekan menggunakan jempol atau jari lain) untuk mendukung fitur text messagingnya. BlackBerry secara resmi dikenalkan kepasar pd th 1997
Asal nama BlackBerry
Pemilihan nama BlackBerry sendiri ada ceritanya. Saat itu RIM dibantu dg Lexicon Branding Inc.(perusahaan konsultan pembuatan merek atau brand asal Amerika) punya inspirasi bahwa perangkat ini merupakan sesuatu yg manis dalam kehidupan karena fungsi dan kemudahan yg dimilikinya. Waktu itu fihakLexicon melihat tombol keyboard nya seperti biji strawberry, tapi menurut mereka kata "straw" terlalu panjang bila diucapkan hingga terkesan lamban. Lalu dipilihlah BlackBerry, brand yg menurut mereka dapat mewakili manisnya hidup dalam buah BlackBerry dan kata "Black" yg cepat bila diucapkan mewakili karakter perangkat BalckBerry yg simple dan mudah digunakan.
Nama BlackBerry sempat diplesetkan menjadi CrackBerry(crack berarti kokain) karena perangkat ini bisa membuat penggunanya kecanduan. bahkan gara- gara isu ini, dibeberapa negara ada peraturan yg membatasi penggunaan hp BlackBerry. Misalnya Kanada mereka mengeluarkan peraturan mematikan perangkap daari jam 7 malam sampai jam 7 pagi, akhir pekan dan hari libur lain.
Dunia BlackBerry
Sudah menjadi sebuah fenomena dalam beberapa tahu terakhir ini. Di Amerika Serikat, BlackBerry bahkan bisa dibilang sebagai handheld wajib para profesional yg mobile. Kemudahan dalam mengakses email dan messaging menjadikan BlackBerry sebagai perangkat yg selalu ditenteng kemanapun pergi. Dompet boleh ketinggalan, BlackBerry jangan. Kemudahan yg dihadirkan dalam mengakses email dan pesan instant membuat para pengguna sering kali tak bisa lepas dari BlackBerry. Efek yg dihasilkan membuat para pengguna tampak seperti orang yg kecanduan dg BlackBerry. Inilah yg kemudian menimbulkan istilah CrackBerry. Saking populer dan tingginya kekhawatiran terhdap dampak BlackBerry terhadap rytme kerja manusia , beberapa negara malah melarang peredaran BlackBerry. Bahkan Kanada yang menjadi tempat lahir BlackBerry,juga terpaksa membatasi penggunaan BlackBerry. Di Indonesia sendiri, BlackBerry baru dikenal setelah para operator memperkenalkan layanan push mail sejak tiga tahun lalu.

0 komentar:

Poskan Komentar